FANDOM

Orang-orang yang memiliki kemampuan spiritual dan secara aktif memanipulasinya.

Dalam kebanyakan kebudayaan kuno, pemilik kemampuan supernatural diangkat sebagai pemimpin / penasihat spiritual, menjadi cikal bakal shaman. Hanya pada kebudayaan-kebudayaan tertentu, manusia dengan kemampuan supernatural justru dianggap freak dan dikucilkan.

Perlahan, para Walyan belajar untuk mengembangkan kemampuan mereka sebagai sebuah seni yang melibatkan ritual-ritual. Mereka bahkan menemukan cara untuk membuka celah antardimensi untuk mengambil energi yang lebih besar lagi dari Jagad Lelembut, bahkan mengikat & memperbudak entitas. Caranya dengan menggunakan aneka mantera, herb, dan elemental yang diberi muatan energi supernatural.

Lantip dan Gladhen Sunting

Dari sekian banyak manusia, beberapa terlahir dengan ‘bakat’ supernatural. Secara awam, mereka disebut Lantip. Begitu senjakala, mereka dapat membangkitkan kemampuan aneh seperti:

  • Peka terhadap keberadaan entitas, baik di Jagad Manungsa maupun menembus batas Jagad ketika Senjakala tiba
  • Memiliki kemampuan khusus seperti ‘membaca pikiran’, ‘membaca energi / aura’, ‘melihat masa depan’, ‘telekinesis’, ‘psikometris’, dst.
  • Mampu berkomunikasi dengan makhluk atau bahkan ‘benda’ lain, terutama hewan

Para pemilik kemampuan supernatural (Lantip) pun mengambil murid dan melatih mereka sebagai asisten/penerus. Mereka juga menulis aneka manuskrip, atau meninggalkan artefak bagi generasi selanjutnya.

Akhirnya, pengguna kekuatan tidak lagi terbatas pada manusia yang terlahir dengan bakat supernatural. Inilah awal mula terbentuknya Gladhen.